Sunday, June 18, 2017

KULINER PROBOLINGGO: “BAKSO EDDY”



Berbicara tentang Kota Probolingo, bererti berbicara tentang segala pernak pernik budaya beserta ragam kuliner Probolinggo dan jajanan yang ada di Kota Probolinggo. Setelah sekian lama tidak menikmati aneka ragam kuliner di kota ini, maka pada kesempatan ini, saya mencoba berbagi pengalaman tentang kenikmatan kuliner yanga ada di kota dengan sebutan “Kota Mangga” ini.

Kali ini jenis kuliner dan tempat kuliner yang saya ulas adalah makanan sejuta umat. Mengapa saya sebut demikian? Karena semua kalangan, semua umur pasti pernah menikmati kuliner ini. Bahkan tidak ada yang menolak ketika ditawari makanan ini. Makanan apa ini? Mudah sekali menjawabnya, yaitu kuliner bakso di Probolinggo. Bakso merupakan makanan yang ditaruh didalam mangkuk berisikan baso pentol dari daging sapi dilengkapi dengan tahu dan gorengan dari tepung, yang didalamnya juga ditambah mie dan kuah kaldu bakso.

Yess, kali ini kita akan membahas pengalaman kuliner enak Probolinggo tentang bakso, “Bakso Eddy”, bakso yang saat ini sangat terkenal yang dimiliki oleh Mas Eddy berlokasi di Jalan Soekarno Hatta No. 158 A, depan Pabrik Eratex Jaya Probolinggo, dan buka mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 21.00.   



Yang datang untuk menikmati kuliner ini tidak hanya masyarakat Probolinggo sendiri, namun juga banyak juga yang datang dari luar Kota Probolinggo, selain memang khusus untuk menikmati Bakso Eddy ini, juga ada yang sekedar lewat di Jalan penghubung antar kota ini dan kemudian mampir untuk mengisi perut.

Bakso Eddy ini mulai ada dan didirikan sekitar tahun 1997-an dan masih di depan Pabrik Eratex Probolinggo, baru sekitar tahun 2003-an pindah di lokasi yang saat ini digunakan sebagai tempat kuliner bakso ini.


Akhirnya saya pun memesan bakso campur favorit saya, yang terdiri atas 1 bakso isi telur puyuh, 1 bakso isi hati sapi, 1 bakso daging sapi, 1 bakso kotak, tahu bakso dan bakso goreng. Yummy, enak banget.

Di Kota Proboliggo ini memang terdapat banyak pilihan kuliner, begitu juga dengan bakso. Terdapat bermacam-macam pilihan bakso di Kota Probolinggo dan setiap warung bakso memiliki ciri khas sendiri-sendiri. Namun yang paling ramai menurut saya adalah Bakso Eddy ini, selain tempatnya yang bersih, Bakso Eddy ini menjadi populer karena tempatnya yang berada dijalur penghubung jalan antara Surabaya menuju Banyuwangi, selain itu Bakso Eddy juga sering didatangi kalangan artis, hal ini terlihat dari foto-foto yang dipajang di dinding warung Bakso Eddy.


Pengunjung yang datang pun silih berganti, meskipun parkir yang ada terbatas, namun tidak menyurutkan pengunjung untuk dagang di warung bakso ini. Dengan rasanya yang enak dan segar khas kuah bakso, kaldu daging sapinya sangat terasa, apalagi kalau dimakan pada siang hari dan saat menikmati bakso ditambah dengan lontong pasti membuat kita bertambah kenyang.

Harga per porsi dibandrol dengan harga Rp. 15.000,-. Sangat terjangkau apalagi ditambah dengan banyaknya item bakso yang ada dalam satu mangkok. Pasti kawan-kawan tidak keberatan untuk merogoh saku untuk mendapatkan seporsi bakso ini. Untuk minumnya, saya memesan segelas jeruk hangat sebagai teman makan. Memang tidak sesegar meminum es jeruk atau pun es teh, namun cukup untuk membasahi kerongkongan ini setelah makan.


Untuk menu, memang menu utama di warung ini adalah bakso, namun untuk menu minuman memiliki bermacam variasi dan pilihan, antara lain es jeruk, jeruk hangat, es blewah, es rasa melon, es teh dan lain-lain.

Jadi kawan, belum lengkap rasanya ke Kota Probolinggo kalau belum menikmati Bakso Eddy ini. Semoga ulasan kuliner ini bisa menambah informasi kawan-kawan tentang tempat kuliner di Kota Probolinggo.

SUMMARY REVIEW

Bakso Eddy Depan Eratex Probolinggo
ü  Budget                          : Rp. 15.000 – Rp. 20.000/ orang.
ü  Parkir Kendaraan           : ada
ü  Wifi                               : tidak ada
ü  Cara pembayaran           : Cash Only
ü  Alamat                          : Jalan Sokarno Hatta No. 158 A, Depan Eratex, Probolinggo .

0 comments:

Post a Comment