Thursday, July 27, 2017

KOPI LANANG: “THE PEABERRY COFFEE”



Menikmati kopi di pagi hari adalah suatu kenikmatan yang menjadi sensasi bagi pecinta kopi. Bagi para pecinta kopi, mereka bisa merasakan mana kopi nikmat yang murni digiling sendiri dan kopi sachetan buatan pabrik. Begitu juga dengan kopi, saat ini terdapat dua jenis kopi  yang beredar di masyarakat yaitu kopi arabika dan kopi robusta.

Namun akhir-akhir ini terdapat jenis varian kopi baru yang mulai beredar di masyarakat, dan kebanyakan masyarakat belum mengenal jenis kopi ini, kopi ini disebut Peaberry Coffee” atau disebut juga dengan “Kopi Lanang” dalam bahasa Jawa, lanang berarti laki-laki. Mungkin penamaannya menjadi banyak tanda tanya bagi kita semua, mengapa disebut dengan kopi lanang. Kopi Lanang ini secara fisik dan bentuk memang berbeda dengan kopi kebanyakan. Kopi Lanang termasuk jenis kopi robusta, dengan biji tunggal dan bulat utuh serta memiliki bentuk yang lebih kecil. 



Selain memiliki perbedaan yang mencolok yaitu dari sisi bentuk, kopi ini memiliki khasiat tidak hanya menjaga agar tidak ngantuk, namun juga menjaga vitalitas tubuh. Rasanya yang haalus dengan efek kafeinnya yang tinggi inilah yang menyebabkan efek tidak mudah mengantuk saat mengonsumsi kopi ini.

Proses Mendapatkan Kopi Lanang

Kopi lanang ini memang unik, dan dengan keunikannya ini yang membuat harga kopi lanang cenderung lebih mahal dibanding harga kopi robusta lainnya. Karena proses mendapatkan kopi lanang yang baik dan berkualitas dibutuhkan proses yang tidak mudah. Untuk mendapatkannya melalui pernyortiran biji kopi robusta yang begitu banyak. Dan untuk mendapatkan Kopi Lanang yang bagus diperoleh dari pohon kopi yang sudah tua, diatas umur 10 tahun. 

Berdasarkan kajian dan informasi dari litbang deptan dalam balittri.litbang.deptan.go.id, “kopi lanang” tersebut dihasilkan dari penyerbukan yang tidak sempurna, sehingga satu dari dua bibit di dalam buah kopi menjadi puso dan hal ini menyisakan satu benih pada ruangan buah kopi. Proses ini terjadi dikarenakan proses penyerbukan bunga di ujung cabang pohon kopi dan putik sedikit mengalami kerusakan yang disebabkan hembusan angin atau dikarenakan serangan serangga. Selain itu kopi lanang bisa terjadi yang disebabkan ketidakseimbangan pengiriman zat makanan pada saat pembuahan karena pohon kopi mengalami stres sehingga membuat pertumbuhan biji menjadi kurang sempurna. Bisa saja kopi lanang terbentuk yang disebabkan oleh kelainan genetika.



Khasiat Kopi Lanang

Seperti yang disampaikan di atas kopi lanang ini memiliki khasiat yang berbeda dibanding kopi lainnya. Bahkan menurut penelitian, dalam satu cangkir kopi lanang, dapat menurunkan ancaman risiko kannker prostat pada kaum pria.

Ternyata menurut beberapa referensi yang  saya dapat, kopi lanang ini memiliki khasiat yang luar biasa baik pria maupun wanita. Saya sendiri pun saat menulis tentang kopi lanang ini menjadi sangat tertarik, dibanding saat menulis kopi hitam sebelumnya. Hal ini diperkuat dengan penelitian ahli di Universitas Coventry, Amerika Serikat yang disampaikan pada konferensi tahunan Society for Experimental Biology di Salzburg, Austria pada tahun 2012, yang membuktikan bahwa senyawa kafein dapat memicu kekuatan otot yang telah memasuki usia tua. Yang artinya kafein yang terkandung dalam kopi bisa saja berfungsi sebagi stimulan untuk menghasilkan kekuatan lebih. Hasil penelitian dari para ahli tersebut memperkuat tentang statement akan khasiat kopi lanang sebagai obat lelaki karena kopi lanang mengandung senyawa kafein yang lebih tinggi dari kandungan kafein pada kopi biasa.

Apa saja khasiat kopi lanang untuk kaum pria? Salah satunya adalah memperbaiki kemampuan ereksi, meningkatkan testoteron, meningkatkan kesuburan, mencegah dan mengatasi andropouse dan yang terakhir adalah meningkatkan gairah seksual.

Dan apa saja khasiat kopi lanang untuk kaum perempuan? Pada beberapa hal memiliki khasiat yang sama dengan kaum pria, namun yang lebih penting adalah meningkatkan gairah seksual, meningkatkan keseimbangan estrogen dan progesteron, mempermudah pencapaian orgasme  serta mencegah dan mengatasi gangguan konsentrasi.

Yang lebih penting saat menikmati kopi lanang bagi wanita yang sedang hamil muda, untuk sebisa mungkin tidak menikmati kopi ini, karena kadar kafein yang ada dalam biji kopi bisa menyebabkan resiko keguguran.


Oke kawan itu saja informasi dan kenikmatan “Kopi Lanang”. Semoga informasi ini bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment