Sunday, December 10, 2017

KULINER PROBOLINGGO: “TAHU TEK TELUR A. YANI DAN ES TELER CAFE DURIAN”



Menikmati kuliner di Kota Probolinggo menjadi semakin mengasyikkan, hal ini disebabkan banyaknya tempat kuliner yang semakin menarik dan semakin berkembang. Begitu juga dengan Kuliner Probolinggo yang semakin beragam dan bermunculan kuliner yang berbeda dibanding ragam kuliner sebelumnya. Apalagi dengan semakin banyaknya jenis ragam kuliner yang ada di luar daerah Kota Probolinggo dan menjadi referensi kuliner di Kota Probolinggo.

Tahu Tek Telur & Es Teler Durian


Tahu Tek Telur A. Yani.  
Meskipun terdapat banyak pilihan kuliner yang menjadi pilihan kuliner malam, namun daya tarik kuliner tradsional ini mampu menarik perhatian saya untuk menikmati kuliner ini. “Tahu Tek Telur”, makanan nikmat ini berada di Jalan A. Yani Kota Probolinggo, lokasi tepatnya di depan Cafe Durian Mart atau Jalan A. Yani sebelum Alun-alun Kota Probolinggo. Tahu tek ini biasa disebut dengan Tahu Tek A. Yani karena berada di Jalan A. Yani, timur Rumah Sakit Umum Dr. Moh. Saleh, Kota Probolinggo dan dikelola oleh anak muda yang bernama Mas Fiqi atau Fiqi Akbar. Anda pun bisa memesan melalui no telpon: 085336699961, sebelum menikmati tahu tek telur ini. Harga per porsi dibandrol sebesar Rp. 9.000,-.
Tahu Tek Telur Mas Viqi
Rasa tahu tek telur ini berbeda dengan tahu tek telur lainnya yang ada di Kota Probolinggo, rasanya yang nikmat dengan bumbu yang tidak terlalu kental dan tidak eneg membuat kita bisa menikmati makanan ini sampai habis dan juga jumlah porsinya yang menurut saya sangat banyak. Untuk tampilan tahu tek telur ini sama dengan tahu tek lainnya karena menggunakan bumbu petis sebagai bahan dasar bumbunya, dengan irisan lontong yang diiris kecil-kecil, ditambah dengan gorengan tahu setengah matang, ditambah lagi dengan  taoge atau kecambah dan irisan mentimun atau biasa disebut dengan acar, baru kemudian disiram dengan bumbu dari petis yang nikmat. Karena tehu tek ini menggunakan telur yaitu telur dadar, maka bumbu petis ini disiram secara merata di atas tahu tek bersama telur dadar tadi. 

Rahasia kenikmatan tahu tek telur atau pun tahu tek, terdapat pada pemilihan jenis petis yang diganakan sebagai bumbu dasar tahu tek ini, ditambah dengan komposisi yang pas saat meracik bumbu yaitu petis, volume air matang, kacang tanah dan bawang putih.

Segarnya Es Teler Durian. 
 Selain kenikmati kuliner, saya pun mencoba sajian segar untuk makanan penutup, atau bahasa kerennya “dessert”, yaitu “Es Teler Durian”, yang disediakan di Cafe Durian. Cafe ini dikelola oleh Ibu Dewi, di saat malam cafe ini menyediakan aneka minuman yang bisa dinikmati di cafe ini, sekalian juga untuk pengunjung yang menikmati tahu tek telur. Minuman yang disediakan antara lain sup durian, es teler durian, es durian dan berbagai macam minuman dengan durian sebagai bahan utamanya. Saya pun memilih es teler durian sebagai minuman dingin saat itu. Dengan harga sebesar Rp. 17.000 per mangkok atau per cup, kita bisa mendapatkan sajian nikmat es teler durian.

Es Teler Durian - Cafe Durian
Bisa dikatakan es teler adalah koktail buah, adapun tambahan nama dibelakangnya misalnya durian, alpukat, hal ini merupakan pengembangan dan modifikasi dari sajian kuliner. Es teler durian ini disajikan dengan aneka buah, alpukat, kelapa muda, durian dan ditambah dengan susu kental manis, gula, dan santan.

Sebenarnya membuat es teler durian ini sangat mudah, yaitu dengan memotong-motong dan mencampur buah-buahan menjadi satu ditambah dengan es serut dan susu kental manis, dan terbuatlah es teler nikmat.

Kolaborasi Bisnis.  
Berbicara tentang pengembangan bisnis, maka dua orang di atas sebagai pelaku bisnis kuliner sudah menggunakan strategi pengembangan bisnis dengan cara “kolaborasi bisnis”. Kolaborasi ini dapat dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan melakukan kesepakatan bersama, tujuannya adalah untuk mendapatkan manfaat dan secara bersama-sama membesarkan bisnis yang dimilkinya.

 
Kolaborasi Bisnis antara "Tahu Tek Telur & Es Teler Durian"

Contoh di atas sudah merupakan kolaborasi bisnis yang bagus yaitu antara “tahu tek telur” milik Mas Viqi dan “Cafe Durian” milik Bu Dewi ini, meskipun hanya dilakukan pada sore sampai malam hari saja. “Beli tahu tek telurnya di Mas Viqi dan minumnya pesan ke Cafe Durian”. Siip banget.

Dan melakukan kolaborasi bisnis ini banyak untung yang bisa didapat, antara lain meningkatkan kerjasama dan mengurangi jumlah ruang, waktu, orang, sumber daya dan biaya.

0 comments:

Post a Comment