Saturday, January 6, 2018

KULINER NUSANTARA: “NIKMATNYA KUE LEMPER”



Berbicara tentang kuliner selalu tidak ada habisnya. Kali ini yang kita bicarakan adalah kue tradisional yang selalu menjadi pilihan dalam acara-acara penting di masyarakat, khususnya masyarakat Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur. Sebagai bagian dari kuliner nusantara, makanan ini menajdi referensi aneka panganan kue dalam setiap acara.

“Kue Lemper”, adalah kue tradisional yang merupakan jajanan kue basah yang selalu bercirikan daun pisang sebagai pembungkus. Dengan adanya bungkus daun pisang, rasa yang dihasilkan menjadi lebih mantap dan lebih nikmat. Rasa kue lemper yang nikmat menjadi kesukaan masyarakat apalagi anak-anak. Bentuk kue lemper ini memang memiliki ciri khas yang berbeda dibanding kue tradisonal lainnya, pada bagian tengah terdapat isi, bisa berupa daging ayam, abon atau pun daging sapi yang telah dibumbui. 

 
Kue Lemper


Karena selalu menjadi primadona, maka kue ini juga menjadi kue yang dikomersialkan, dengan pengolahannya yang mudah, menjadikan peluang bagi pengusaha kuliner untuk berbisnis kue lemper ini. Kue lemper ini memang sangat mudah dicari dan diperoleh, kue ini dijajakan di pedagang kaki lima dan di penjual jajanan kue basah.

Kue Lemper ini sangat familiar dalam kehidupan masyarakat Jawa, makanan ini biasa dijumpai di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Terdapat makna filosofis tentang “lemper”  ini. Lemper memiliki makna “yen dilem atimu, ojo memper”, yang memiliki arti “jangan merasa sombong saat dipuji dan selalu rendah hati”.

Dalam kehidupan sehari-hari kue ini biasa ditemui dalam acara hajatan, acara perkumpulan, seperti syukuran, arisan, pernikahan dan lainnya. Untuk membuat kue lemper ini memang mudah, dengan bahan beras ketan dicampur dengan santan dari buah kelapa, ayam cincang atau srundeng sebagai isian didalamnya, baru kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Dengan rasanya yang gurih dan rasa asin dari daging ayam cincang sebagai isiannya membuat ketagihan bagi kalian yang menikmati kue lemper ini. Apalagi ditambah dengan kenikmatan beras ketan, yang selain rasanya yang gurih, empuk dan mudah untuk dikunyah.

0 comments:

Post a Comment