Thursday, January 4, 2018

TEMPAT MAKAN ENAK DI PROBOLINGGO: “TAHU KIKIL DAN BAKSO PAK KAYUN”



Kuliner, kata ini menggambarkan kenikmatan makanan dan berbagai pernak perniknya, apalagi yang berkaitan dengan segala hal yang berhubungan dengan makanan. Tempat makan enak di Probolinggo yang satu ini sebenarnya pernah kita ulas di blog www.tempatmakanenakdisurabaya.blogspot.co.id ini pada awal pembuatan blog ini. Namun pada kesempatan ini, karena rasa kangen akan menu yang ada di warung ini menjadikan kami kembali mencoba mengulas beberapa menu yang disajikan.

Tempat makan ini merupakan bagian dari Kuliner Probolinggo yaang selalu menjadi favorit masyarakat Probolinggo, yaitu, “Bakso dan Tahu Kikil Pak Kayun”, lokasinya tepatnya berada di Perempatan Brak di Jalan Soekarno Hatta, berseberangan dengan Rumah Sakit Husada Probolinggo. Sangat mudah untuk mencapai lokasi tahu kikil ini, selain mudah lokasinya juga bisa dijangkau dan diketahui dari Google Maps.

Tahu Kikil Bakso Pak Kayun

  

Kenyamanan. Tempatnya memang memberikan rasa nyaman bagi para pengunjung, terdapat beberapa meja panjang dan bangku panjang yang disediakan bagi para pengunjung yang ingin menikmati makanan ditempat. Meskipun tempat menikmati makanan hanya ada didalam namun tidak berpengaruh bagi para pengunjung untuk menikmati makanan.

Tahu Kikil Bakso Pak Kayun
 
Menu. Menu makanan yang ditawarkan hanya ada dua yaitu bakso dan tahu kikil bakso. Bakso di Warung Pak Kayun ini memang berbeda, dengan 2 buah bakso daging sapi per porsi, memang lumayan kenyang apalagi ditambah dengan lontong. Kuahnya segar dan tidak membuat eneg. 

Bakso Pak Kayun

 Begitu juga dengan tahu kikil baksonya, rasa petisnya sangat terasa, ditambah lagi dengan tambahan bakso pada setiap tahu kikil, selain itu rasa kikil sapinya juga empuk, lebih banyak kikil dan tidak ada gajih atau lemak. Untuk sayurnya lumayan segar sehingga membuat kita menikmati tahu kikil bakso yang disajikan.

Tahu Kikil Bakso Pak Kayun
 
Khusus untuk tahu kikil bakso, rasa nikmatnya terletak pada pemilihan petis, sebagai bumbu dasar utama tahu kikil ini. Petis ini adalah masakan asli dari Indonesia yang dibuat dari hasil sampingan produk ikan atau udang. Petis merupakan cairan sisa hasil rebusan ikan yang dipanasi hingga cairan kuahnya menjadi kental, seperti saus yang lebih padat. Pada pengolahan selanjutnya, petis ini ditambah dengan gula batok, sehingga menyebabkan warnanya menjadi coklat pekat lebih cenderung pada warna hitam dan rasanya yang manis.


Untuk miniuman. Minuman yang ditawarkan pun tidak banyak, namun cukup untuk dinikmati setelah selesai menikmati sajian hidangan, ada teh, es teh, jeruk hangat, jeruk nipis dan es jeruk.

0 comments:

Post a Comment