RESEP DIMSUM FISH DUMPLING


Kalau anda sangat menyukai makanan dari Tiongkok, maka jenis makanan seperti dimsum pasti menjadi favorit anda. Saya sendiri pun sangat menyukainya, meskipun menyukai dan sering menikmati kuliner dimsum, saya tidak pernah mencoba untuk membuat sendiri kuliner dimsum, selain kurang PD (Percaya diri), juga belum menemukan resep yang pas tentang dimsum. Setelah mencoba mengoleksi kliping, dan juga agar menghindari kliping tersebut rusak, akhirnya saya mencoba menuliskan resep dimsum yang menjadi favorit saya. Salah satu dimsum yang sangat saya sukai adalah fish dumpling. Resep dimsum fish dumpling ini, sepertinya sangat mudah untuk dicoba, selain bahannya yag mudah didapat, juga cara membuatnya yang bisa dilakukan.

Dimsum sebenarnya memiliki arti jantung kehidupan, atau point of hearth. Dimsum biasanya dinikmati dalam acara tradisi minum teh atau yang biasa dikenal dengan nama acara Yum Cha. Dalam acara Yum Cha pun terdapat menu wajib yang harus ada yaitu Har gow dan shao ma. Namun selain menu tersebut juga disajikan berbagai macam menu lainnya, seperti fish dumpling.

Dumpling, adalah salah satu menu dalam dimsum yang juga menjadi favorit, biasanya diisi dengan daging cincang ditambah dengan sayuran, yang kemudian dibungkus dengan satu lembar kulit dari adonan tepung.

RESEP DIMSUM FISH DUMPLING
Fish Dumpling (Sumber Gambar: eat.tanspace.com)

Resep Dim Sum Istimewa Fish Dumpling


Diantara jenis dumpling dalam dimsum, salah satu diantaranya adalah fish dumpling atau pangsit ikan. Meskipun anda bisa mendapatkan fish dumpling ini di gerai dimsum, sekarang anda bisa lho, mencoba membuat fish dumpling sendiri di rumah. Jangan bingung, berikut akan disampaikan bahan-bahan apa yang dibutuhkan untuk membuat fish dumpling ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat fish dumpling, antara lain sebagai berikut:
  • Seledri yang telah dipotong-potong sebanyak 50 gram.
  • Vegetarian powder rasa ikan sebanyak 5 gram.
  • Tepung vegetarian 150 gram
  • Gula 8 gram
  • Jamur enoki yang telah dipotong-potong  100 gram
  • Wortel yang dipotong-potong sebanyak 50 gram.
  • Tepung kentang sebanyak 20 gram.
  • Kulit dimsum sebayak 5 buah.
  • Garam 3 gram.

Resep Membuat Dimsum Fish Dumpling

Setelah mendapatkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat fish dumpling. Kini saatnya mempraktekkan resep fish dumpling.

Berikut langkah-langkah membuat fish dumpling, sebagai berkut:
  1. Sebagai langkah awal, rebuslah terlebih dahulu wortel, jamur dan seledri sampai dengan lembut.
  2. Langkah selanjutnya, campurkanlah tepung vegetarian dan vegetarian powder dengan air yang sedikit sampai menjadi adonan kalis.
  3. Kemudia cincanglah adonan tepung vegetarian di atas menjadi potongan kecil. Dan campurlah  dengan bahan yang telah direbus (jamur, seledri dan wortel, pada langkah awal tadi), dengan tepung ketang.
  4. Masukkan campuran bahan tersebut ke kulit dimsum, dan ikat dimsum dengan sisa daun seledri.
  5. Kukuslah dimsum dalam waktu sekitar 15 menit dengan air rebusan sayur.
  6. Setelah matang dimsum fish dumpling siap untuk dinikmati.


Belum ada Komentar untuk "RESEP DIMSUM FISH DUMPLING"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel