RESEP MASAKAN JAWA TIMUR SEHARI HARI: NASI KUCING OREK TEMPE


Tempe, semua orang pasti mengetahui dan mengenal bahan makanan yang satu ini. Tentunya, tidak hanya mengenal karena semua orang pasti sering merasakan tempe sebagai makanan harian di Indonesia. Bahkan di setiap tempat makan atau warung menggunakan tempe sebagai makanan pelengkap utama untuk sajian makananya. Begitu juga, saat anda menikmati makanan di angkringan, yang sebenarnya hanyalah tempat nongkrong, disitu juga disediakan nasi kucing dengan lauk orek tempe. Dengan makin seringnya tempe sebagai sajian harian, resep kali ini akan memunculkan ide tentang resep masakan Jawa Timur sehari-hari, nasi kucing orek tempe. Hal ini didasari karena kemudahan dalam membuat jenis makanan yang satu ini.

Dari berbagai jenis makanan dan lauk yang selalu dicari di tempat makan, yang menjadi pertanyaan adalah mengapa sajian tempe, khususnya tempe orek ini selalu dicari. Padahal bentuknya sepele, hanya sekedar sajian tempe dengan tambahan bumbu dan kecap. Kali ini, kita akan mencoba membuat sajian sederhana yaitu nasi kucing yang biasanya di jual di angkringan ditambah dengan lauk sederhana berupa orek tempe. Orek tempe sebenarnya ada dua jenis yaitu orek tempe basah dan orek tempe kering.

Kumpulan Resep Masakan Sehari Hari Khas Jawa Timur – Kenikmatan Orek Tempe

Sajian sederhana orek tempe memang menggoda, apalagi kalau sajian ini dinikmati saat nasi masih dalam keadaan hangat ditambah sambal. Hhhmmm... pasti sangat nikmat. Meskipun disajikan dalam bentuk orek tempe basah dan orek tempe kering. Sajian orek tempe tetap menggoda. Orek tempe basah merupakan sajian masakan tempe yang dimasak dengan tempe dipotong dengan bentuk seperti dadu dan digoreng, setelah itu dimasak dengan kecap dan ditambahkan potongan cabai merah. Hal berbeda dengan orek tempe kering, orek tempe kering dimasak dengan tempe yang dipotong kecil-kecil dan digoreng kering.

RESEP MASAKAN JAWA TIMUR SEHARI HARI: NASI KUCING OREK TEMPE
Nasi Orek Tempe

Hhmmm... Jadi teringat masakan ibu di rumah ya. Orek tempe sederhana dan aromanya yang sedap, membuat selalu teringat masakan khas di rumah.

Resep Masakan Sehari-Hari Khas Jawa Timur – Gurih dan Sedap Orek Tempe

Kali ini kita mencoba resep orek tempe dengan bahan dan bumbu sederhana.

Bahan yang dibutuhkan, antara lain:
  • 150 gram tempe yang dipotong ½ x 2 x ½ cm, dan digoreng setengah kering.
  • 2 buah cabai hijau keriting.
  • 2 buah cabai merah keriting
  • 2 cm lengkuas dan dimemarkan.
  • 2 lembar daun salam
  • 2 sendok makan kecap manis
  • ½ sendok teh garam.
  • ½ sendok teh gula pasir.
  • Minyak untuk menumis
  • Nasi putih
  • Daun pisang atau pun kertas untuk membungkus nasi.


Bahan bumbu yang dihaluskan, antara lain:
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah bawang merah.


Langkah membuat nasi kucing dengan tambahan orek tempe, antara lain:
  1. Panaskanlah minyak, tumis bumbu halus sampai tercium bau harum dan tambahkan daun salam juga lengkuas, baru kemudian aduklah dengan rata.
  2. Langkah selanjutnya, tambahkanlah tempe, cabai merah dan cabai hijau, aduk secara merata. Baru kemudian tambahkan kecap manis, gula pasir dan juga garam, masaklah sampai semua bahan tersebut matang.
  3. Siapkanlah bungkus nasi, bisa dari daun pisang atau kertas minyak, kemudian taruhlah nasi tersebut tambahkan orek tempe diatasnya, tambah juga sedikit sambal, dan bungkus, baru kemudian nasi kucing dengan orek tempe siap disajikan.

Itu dia, sedikit resep untuk membuat orek tempe. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "RESEP MASAKAN JAWA TIMUR SEHARI HARI: NASI KUCING OREK TEMPE"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel