RESEP MASAKAN: “NASI KUNING”


Kuliner sudah menjadi bagian dari hidup kita, bahkan saat ini kuliner sudah berkembang menjadi hal yang menarik, termasuk tumbuh menjadi wisata kuliner yang menyenangkan. Dengan berkembangnya teknologi dan pesatnya informasi, semakin mudah untuk mengakses informasi, khususnya tentang kuliner. Salah satu kuliner nikmat yang saat ini mudah kita temui adalah nasi kuning, dengan rasanya yang gurih dan nikmat, membuat kita ingin selalu menikmati.  Namun, setelah sering menikmati kuliner nasi kuing, terdapat hasrat ingin membuat sendiri nasi kuning yang pernah dinikmati. Solusinya adalah mencari informasi tentang resep masakan nasi kuning, baik di internet atau pun di majalah.

Nasi kuning, memang sangat nikmat, sebagai salah satu kuliner tradisional khas Indonesia, nasi ini menjadi salah satu kuliner yang sangat disukai orang Indonesia, selain rasanya yang nikmat, kuliner ini, termasuk makan sehat. Sesuai dengan namanya, nasi kuning adalah nasi yang berwarna kuning, warna kuning ini disebabkan oleh pewarna yang digunakan. Mengapa sehat?. Karena untuk mewarnai dengan warna kuning, menggunakan pewarna alami, yaitu kunyit. Nasi ini memiliki rasa yang gurih dengan aroma khasnya, yaitu harum masakan rempah.

RESEP MASAKAN: “NASI KUNING”
Nasi Kuning
Selain sebagai makanan kuliner tradisional khas nusantara, nasi kuning juga memiliki makna filosofis, yaitu melambangkan seperti emas, yang disimbolkan sebagai kemakmuran, kekayaan, dan keberuntungan. Sehingga nasi kuning ini banyak disajikan saat acara penting di Indonesia.

Resep Masakan Sederhana: Mudahnya Membuat Nasi Kuning

Sebagai masakan yang sudah dikenal, nasi kuning banyak dikenal sebagai masakan khas Jawa. Nasi kuning sering disajikan dengan berbagai bentuk, tergantung peminatnya. Namun sering juga nasi kuing disajikan dalam bentuk tumpeng. Dalam satu sajian nasi kuning, biasanya terdapat lauk pelengkap yaitu perkedel, mie goreng, telur dadar yang telah diiris, sambal goreng, tempe kering, urap-urap dan berbagai sajian pelengkap lainnya.

Bahkan dengan kemudahan membuat nasi kuning, memberikan peluang untuk membuat usaha nasi kuning yang saat ini sudah banyak tersedia. Dengan harganya yang murah dan terjangkau menjadikan anda bisa segera menikmati. Namun apabila anda ingin mecoba membuat sendiri, di bawah ini akan disediakan, cara membuat nasi kuning.

Resep Masakan Sehari-hari: Pilihan Nikmat Nasi Kuning

Untuk membuat sendiri nasi kuning, berikut akan disajikan beberapa cara membuat nasi kuning dengan mudah, antara lain:

Bahan untuk membuat nasi kuning:

·         Santan 900 ml.
·         Kunyit 5 cm.
·         Beras 1 kg.
·         Daun salam 4 lembar.
·         Kelapa tua sebanyak 1 buah.
·         Jahe 5 cm.
·         Serai 2 batang.
·         Daun pandan 2 lembar.
·         Lengkuas 2 cm.
·         Garam 4 sendok teh.
·         Bawang merah 5 buah.

Resep Masakan Sehari-hari: Pilihan Nikmat Nasi Kuning
Nasi Kuning Buatan Sendiri

 Langkah-langkah membuat nasi kuning, antara lain sebagai berikut:

  1. Cucilah beras sampai bersih, baru kemudian rendamlah beras yang telah dicuci dengan air  bersih.
  2. Haluskan bumbu yang telah anda sediakan, antara lain kunyit, bawang merah, garam, jahe dan lengkuas. Bumbu yang sudah halus tersebut kemudian dimasukkan ke dalam santan dan aduklah sampai rata.
  3. Masaklah santan sampai santan tersebut mendidih.
  4. Buanglah air sisa rendaman beras, dan tuanglah santan pada beras dengan cara disaring.
  5. Rebuslah beras dengan api kecil, dan masukkanlah daun salam dan daun serai. Selama proses perebusan, setidaknya anda harus mengaduk, sampai air menyusut, dan beras hampir menjadi nasi.
  6. Ambillah daun salam dan daun serai yang ada pada beras yang sudah hampir matang tadi.
  7. Rebus air untuk persiapan mengukus dan masukkanlah nasi kedalam panci pengukus dan tambahlah daun pandan.
  8. Kemudian kukuslah nasi sampai nasi benar-benar matang.
  9. Jika nasi kuning sudah matang, tunggulah sampai nasi telah dingin, dan anda bisa membentuk sesuai keinginan atau membentuk dengan cetakan tumpeng.

Demikianlah cara membuat nasi kuning, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "RESEP MASAKAN: “NASI KUNING”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel