RESEP KULINER INDONESIA: SWEAT BANANA OATMEAL

Kali ini menu kulinernya agak berbeda, kalau biasanya menu dan resep yang disampaikan banyak yang menggunakan beras dan tepung, kali ini resep yang disampaikan adalah untuk makanan yang berbahan baku gandum atau oatmeal. Oatmel adalah oat groats, yang merupakan oat meal, corn meal dan juuga pease meal yang telah dihaluskan. Banyak sekali jenis resep sehari-hari yang bisa dikombinasikan dengan oatmeal. Bahkan untuk resep kuliner Indonesia sweat banana oatmeal, menjadi sebuah topik menarik untuk disampaikan disini.

Oatmeal yang sering kita jumpai sehari-hari adalah oatmeal dengan bentuk bubuk dengan serpihan yang kasar, aromanya pun memiliki aroma gurih wangi, seperti bau susu atau pun gandum. Bahkan seringkali juga disebut dengan quick oat, karena sudah dipotong serpihan gandumnya dan dikukus sehingga bisa cepat matang jika dimasak.

Oat merupakan jenis sereal yang bisa menjadi sumber karbohidrat. Banyak sekali sumber karbohidrat, antara lain beras, gandum dan juga jagung, namun oat ini tidak bisa disamakan dengan gandum. Oat adalah sumber pangan yang mengaNdung whole grain atau biji sereal yang masih utuh, karena oat memiliki lapisan  kulit ari dan bakal biji yang tidak bisa hilang saat pemrosesan.

Resep Masakan Indonesia Sehat – Gurih Manisnya Sweat Banana Oatmeal

Sebagai awal dalam membuat makanan berbahan oat, kali ini anda bisa menggunakan oat, produksi dari Quaker Oat, bisa Quaker Instant Oatmeal atau Quaker dalam bentuk Quaker Quick Cooking Oatmeal.

RESEP KULINER INDONESIA: SWEAT BANANA OATMEAL
Sweat Banana Oatmeal (Sumber Gambar: allrecipes)
Untuk Quaket Instant Oatmeal, anda tidak perlu memasak, cukup dengan menuangkan air panas, sedangkan Quaker Quick Cooking Oatmeal, anda harus memasaknya terlebih dahulu dengan api kecil selama 3 menit atau bisa juga selama 1 sampai 2 menit dengan microwave.

Baca Juga: Resep Kuliner Indonesia - Lumpia Udang.

Makanan dengan bahan oat, memiliki manfaat untuk kesehatan, antara lain untuk:
  • Membantu menurunkan kolesterol darah, hal ini disebabkan adanya kandungan serat larut Beta Glucan.
  • Mengandung tinggi serat.
  • Merupakan karbohidrat yang kompleks, sehingga menjadikan Quaker Oat sebagai sumber energi yang sehat.
Berdasarkan sumber dari Quaker, menu sweat banana oatmeal ini, mengandung, antara lain:
  • Energi 275 kkal.
  • Protein sebanyak 1 gram
  • Lemak 1,1 gram.
  • Karbohidrat 34,8 gram
  • Serat 1,8 gram

Resep Masakan Indonesia Mudahnya Membuat Sweat Banana Oatmeal

Menarik sekali membuat makanan berbahan oatmeal ini, khusus untuk resep kali ini, disajikan untuk 1 porsi. Bahan yang dibutuhkan, antara lain:
  • 4 sendok makan atau 35 gram Quaker Quickcook Oatmeal.
  • 225 ml air.
  • 1 sendok makan Gula Jawa yang telah dicairkan dan juga telah ditiriskan, dengan tingkat rasa manis disesuaikan dengan selera anda.
  • ½ pisang berukuran sedang, yang telah diiris (Banyaknya pisang bisa disesuaikan dengan selera anda).
  • Bubuk brown sugar sebagai topping.
Langkah membuat Sweat Banana Oatmeal, sebagai berikut:
  1. Didihkanlah air dalam panci.
  2. Tambahkan Quaker Quickcook Oatmeal dan gula Jawa cair.
  3. Masak dengan api sedang sampai Quaker Quickcook Oatmeal mengembang (sekitar lebih kurang 2 menit), dan sesekali diaduk.
  4. Masukkanlah potongan pisang, aduk, masak sampai timbul bau harum (dengan waktu kurang lebih selama 1 menit).
  5. Tuanglah ke dalam mangkuk.
  6. Taburkan bubuk Brown Sugar.
Itu dia resep kuliner Indonesia sweat banana oatmeal dan cara membuatnya. Sebagai catatan: setelah matang, sajian sweat banana oatmeal ini lebih enak kalau segera dikonsumsi. Demikian sedikit resep untuk anda. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel