RESEP SAMBAL MERCON

Siapa yang tidak suka sambal?. Di Indonesia, sambal masih menjadi sajian pelengkap menikmati makanan yang harus ada. Bagaimana tidak?. Meskipun hanya sebagai sajian pelengkap dalam menikmati makanan utama, namun keberadaannya sangat disukai, bahkan menjadi favorit, apalagi dengan cita rasanya yang unik dan khas. Di Indonesia, menu sambal memiiki banyak variasi dan berbagai ragam jenis sesuai dengan daerah asalnya, setiap daerah memiliki jenis sambal yang berbeda-beda. Salah satu jenis sambal yang akan kita coba adalah sambal mercon. Selain rasanya yang mengelegar, karena banyaknya cabai sebagai bahan sambal. Resep sambal mercon ini sangat mudah dicoba.

Di berbagai tempat kuliner atau pun lesehan yang menyajikan berbagai sajian lalapan, misalnya bebek goreng, ayam goreng atau pun sajian lalapan ikan bakar, sambal menjadi menu pelengkap yang harus ada. Bahkan banyak tempat kuliner yang menyediakan sambal dengan gratis, kalau pun anda ingin mencoba berbagai variasi sambal anda tinggal memesan, khususnya sambal mercon yang pedasnya sangat luar biasa.

RESEP SAMBAL MERCON
Sambal Mercon (Sumber Gambar: www.bumbubalado.com)

Resep Sambal Mercon

Sambal mercon sesuai dengan namanya akan membuat mulut anda terasa meledak seperti mercon, akibat banyaknya cabai yang digunakan sebagai bahan sambal mercon. Untuk itu, di bawah ini akan disajikan cara membuat sambal mercon dengan mudah, termasuk bahan yang dibutuhkan.

Baca Juga: Resep Sambal Matah.

Bahan untuk membuat sambal mercon, antara lain:
  • 50 gram cabai rawit merah.
  • 4 buah cabai rawit merah ukuran besar.
  • 10 gram bawang merah.
  • 5 siung bawang putih.
  • 2 batang serai, iris tipis.
  • 3 lembar daun jeruk.
  • 1 sendok teh kaldu ayam bubuk.
  • 100 ml minyak untuk menggoreng.
Cara membuat sambal mercon:
  1. Panaskan minyak, kemudian goreng cabai rawit merah, cabai merah besar, bawang merah, bawang putih, serai, daun jeruk, kemudian masaklah sampai layu.
  2. Angkat dan tiriskan. Ulek bumbu yang telah digoreng kasar. Beri garam, lada dan bumbu kaldu ayam bubuk, aduk secara merata.
  3. Setelah selesai sajikan.
Itu dia sedikit resep sambel mercon, semoga bisa dipraktekkan dan menambah kenikmatan sajian makanan anda. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel