RESEP SAMBAL MATAH

Kengen dengan sambal khas Bali?. Kalau anda senang dengan kuliner khas Indonesia dan senang dengan kuliner berbahan sayuran mentah, tentunya juga sangat menyukai sambal khas dari Bali ini. Sambal matah merupakan sajian kuliner sambal yang berasal dari bumbu tradisional khas Bali yang bisa anda temukan di seluruh Pulau Bali. Kalau melihat dari asal katanya, sambal matah berasal dari kata, “sambel” yang memiliki arti sambal, dan “matah” yang berarti mentah. Sehingga sambal matah adalah sambal yang dibuat dari bahan mentah tanpa digerus atau diulek. Dalam tema kali ini, akan disajikan resep sambal matah yang bisa dibuat dengan mudah untuk anda.

Sambal matah dalam sajian kuliner khas Bali biasanya disajikan sebagai bumbu makan, dan juga digunakan sebagai pelengkap makanan. Sambal matah memiliki ciri khas dengan rasanya yang pedas, dan menjadi sajian kuliner yang sangat digemari oleh masyarakat Bali yang senang akan kuliner pedas.

RESEP SAMBAL MATAH
Sambal Matah (Sumber Gambar: indoindians)
Sebagai sambal yang berasal dari bahan asli Indonesia, menjadikan sambal matah ini sangat diyakini memiliki manfaat untuk kesehatan. Karena sangat nikmat dan berasal dari bahan alami menjadikan semua orang mulai menyukai kenikmatan sambal matah khas Bali ini.

Resep Sambal Matah Bali

Aroma khas sambal dengan rasa bawang merah bercampur irisan cabai yang segar akan memberikan sensasi kuliner tersendiri. Anda pasti tertarik untuk mencoba membuat kenikmatan sambal matah ini. Berikut bahan dan cara membuat sambal matah khas Bali, sebagai berikut:
Baca Juga: Resep Sambal Hijau.
Bahan yang dibutuhkan:
  • 10 buah cabai rawit merah, kemudian iris tipis.
  • 3 siung bawang putih, dan iris tipis juga.
  • 8 buah bawang merah, juga iris tipis.
  • 4 lembar daun jeruk, iris tipis.
  • ½ sendok teh terasi bakar.
  • 2 batang serai ambil bagian yang putih, dan iris tipis jga.
  • ½ sendok teh gula pasir.
  • ½ sendok teh garam.
  • 3 sendok makan minyak goreng panas.
  • 50 ml air jeruk nipis.
Cara membuatnya, antara lain:
  1. Siapkan semua bahan sesuai bahan yang dibutuhkan di atas.
  2. Kemudian campur cabai rawit merah, bawang merah, terasi yang sudah dihancurkan, bawang putih, serai dan juga daun jeruk.
  3. Tambahkan garam, air jeruk nipis dan gula pasir, dan aduk secara merata.
  4. Terakhir tambahkan minyak goreng panas.
  5. Sambal matah siap untuk disajikan.
Itu dia resep sambal matah sederhana. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel