Resep Kuliner Indonesia: Pentol Tusuk

Kuliner Indonesia memang sangat banyak dan beraneka ragam, tidak hanya kuliner berbahan dasar nasi atau bahkan berbagai sajian khas tradisional. Indonesia juga memiliki jajanan atau camilan yang sangat disukai para pecinta kuliner Indonesia. Salah satunya adalah jajanan yang sangat banyak di Jawa Timur yang biasa disebut dengan “Pentol Sunduk” atau pentol tusuk atau bakso tusuk. Jajajan ini banyak sekali dan sering ditemukan di pedagang kaki lima, menggunakan motor bahkan dijual juga di berbagai food court di mall. Namun terkadang, terbersit keingginan untuk mencoba membuat sendiri jajanan ini, dan di bawah ini akan disampaikan resep kuliner Indonesia, pentol tusuk yang sangat mudah membuatnya.

Pentol tusuk atau juga disebut dengan bakso tusuk adalah olahan menu bakso yang penyajian atau cara menikmatinya dengan ditusuk. Kalau bakso, biasanya dinikmati dengan menempatkan sajian bakso ini di dalam mangkok, berbeda dengan bakso tusuk ini, biasanya diletakkan dalam plastik atau tempat dari plastik kemudian ditambahkan saos tomat dan untuk menikmatinya dengan cara ditusuk.

Pentol tusuk;Resep Kuliner Indonesia: Pentol Tusuk
Pentol tusuk

Resep Masakan Indonesia Sehat – Gurihnya Pentol Tusuk

Pentol tusuk ini sangat disukai anak-anak, tidak hanya anak-anak bahkan orang dewasa pun menyukai jajanan ini. Rasanya yang gurih dan nikmat menjadikan pentol atau bakso tusuk ini selalu menjadi favorit.

Baca juga: Kuliner Sidoarjo, Lezatnya Bakso Pitung.

Karena pentol tusuk ini sengaja dibuat untuk dinikmati sendiri, maka bahan-bahan yang digunakan hanya cukup untuk dinikmati bersama keluarga. Bahan-bahan yang dibutuhkan, antara lain:
  • 100 gram daging sapi. 
  • 100 gram daging ayam.
  • 1 sendok teh garam.
  • ½ sendok teh merica.
  • 1 sendok teh kaldu bubuk non msg.
  • 175 gram tepug tapioka.
  • 5 siung bawang putih yang telah dihaluskan.
  • 50 gram es batu.
  • Air es.

Resep Masakan Indonesia Mudahnya Membuat Pentol Tusuk

Memulai memang sulit, namun lebih sulit lagi kalau tidak dimulai. Maka setelah tahu tentang berbagai sajian dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat pentol tusuk, kali ini akan segera dicoba cara membuat pentol tusuk yang mudah untuk anda. (Sumber: cookpad.com)

Langkah membuat pentol tusuk, antara lain:
  1. Campurlah semua bahan, lebih cepat kalau anda mencampurnya dengan food prosesor.
  2. Kalau campuran tersebut kurang kenyal, anda bisa menambahkan air es atau es batu, sehingga terasa kenyal.
  3. Didihkan air yang ada didalam panci, kemudian adonan  tersebut dibentuk menjadi bulatan-bulatan, yang nantinya akan dimasukkan ke air yang sudah mendidih sampai pentol mengapung. (Pentol mengapung berarti pentol tersebut sudah matang dan siap untuk diangkat).
  4. Sajikan bakso atau pentol tusuk dengan saus kacang atau saus tomat sesuai selera.
  5. Pentol tusuk siap dinikmati.
Itu dia resep kuliner Indonesia, pentol tusuk yang bisa dibuat dengan mudah. Semoga resep ini bisa diaplikasikan dengan mudah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel