Lumpia dan Resep Lezatnya

Lumpia dan Resep Lezatnya - Ada yang berbeda dengan postingan kuliner kali ini, kalau biasanya yang dibahas dalam blog ini adalah hanya tentang pengalaman kuliner saja atau hanya resep kuliner, namun kali ini yang dibahas adalah pengalaman menikmati kuliner disertai resep dan pengalaman membuat sendiri kue lumpia. Sebagai penggemar berat kuliner tradisional Indonesia, maka lumpia menjadi salah satu kue yang harus dicoba apalagi mencoba kenikmatan kuliner ini dengan membuat sendiri. Takut tidak enak, takut rasanya tidak karu-karuan menjadi tantangan awal saat ingin membuat sendiri kue lezat ini. Sebenarnya bisa saja dengan mudah membeli kue lumpia enak yang saat ini banyak dijual disekitar kita, atau tinggal memesan kuliner online yang menyediakan sajian lumpia lezat khas Semarang, namun tantangan dan rasa penasaran menjadikan berani untuk mencoba membuat sendiri kue tradisional ini.

Lumpia atau disebut dengan lun pia yang ada  di Indonesia adalah jajanan tradisional dari Tionghoa. Dan lumpia yang dikenal di Indonesia merupakan pelafalan dari Bahasa Hokkian. Dengan berkembangnya kuliner, saat ini banyak sekali yang tertarik untuk terjun dalam bisnis kuliner dan lumpia menjadi salah satu kue tradisional yang sangat diminati masyarakat, selain karena rasanya yang enak, juga isian dari kue lumpia memiliki berbagai ragam jenis, ada yang isi sayuran, ayam, rebung, daging sapi bahkan olahan sea food.

Lumpia Basah, Kenikmatannya Bikin Nagih

Lumpia yang ada dan dijual di Indonesia memang memiliki keunikan tersendiri, lumpia biasanya dibuat dari kulit pembungkus berupa lembaran tipis yang dibuat dari tepung yang digunakan sebagai pembungkus isian dari lumpia. Karena kemudahan dalam membuatnya, saat ini banyak penjual lumpia yang menjajakan lumpia, mulai dari pedagang keliling, kaki lima, bahkan restoran terkenal.

Kue Lumpia;Lumpia dan Resep Lezatnya
Kue Lumpia
Yang menarik adalah selain isinya yang gurih, juga kulit lumpianya yang sangat disukai karena terasa krenyes di mulut. Bahkan cara membuatnya sangat mudah, yaitu dari adonan tepung terigu dan air yang dicetak dalam lembaran tipis dan berbentuk bundar. Kalau anda merasa bingung dan ingin membuat lumpia dengan cepat, saat ini kulit lumpia telah banyak dijual di berbagai supermarket sehingga anda tidak perlu repot lagi untuk membuatnya.

Resep Lumpia Basah

Resep lumpia tentunya sangat mudah ditemukan di internet, anda tinggal searching di Google dan mencari sesuai dengan keinginan anda. Salah satunya saya coba mengambil sedikit resep dari cookpad.com, sebagai berikut:

Baca juga: Resep kuliner Indonesia - lumpia udang.

Bahan yang dibutuhkan, antara lain:
  • Taoge.
  • 1 sendok makan gula.
  • 6 buah bengkoang.
  • ½ sendok makan garam.
  • 2 butir telur.
  • Royco.
  • 1 ulir daun bawang.
  • 2 butir bawang merah.
  • 1 siung bawang putih.
  • Cabe merah.
  • 5 buah bakso.
  • 1 sendok makan tepung maizena.
  • 2 sendok makan kecap manis.
  • Gula merah.

Nikmatnya lumpia;Resep Lumpia Basah
Nikmatnya lumpia
Langkah membuatnya, antara lain:
  1. Rebuslah bengkoang yang sudah dipotong dengan bentuk memanjang, sekitar 25 menit tergantung dari empuk tidaknya bengkoang.
  2. Siapkan bahan, bawang merah, bawang putih, daun bawang yang diiris tipis.
  3. Bersihkan taogenya.
  4. Kemudian masukkan bawang merah, bawang putih dan daun bawang kemudian tumis telurnya diorak arik, ditambah dengan bakso.
  5. Kemudian masukkan sambal dan bumbu, setelah rasanya pas, masukkan bengkoang yang telah direbus dan juga tauge.
  6. Air rebusan bengkoang jangan dibuang, masukkan tepung maizena (larutkan secara terpisah agar tidak menggumpal) kemudian aduk sampai mengental. Cara menyajikan, oleskan gula merah pada lumpia, kemudian masukkan isian lumpia dan goreng. 
  7. Lumpia nikmat siap disajikan.

Penasaran ingin membuat lumpia? Semoga sedikit tulisan lumpia dan resep lezatnya bisa bermanfaat dan resep tersebut sukses untuk dicoba.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel