Resep Lapis Legit Ketan

Ini dia satu lagi sajian kue enak, yaitu lapis legit ketan. Di Sumatera Selatan disebut dengan engkak ketan. Biasanya kue ini disajikan saat acara-acara penting. Anda penasaran dengan sajian kue ini? Resep lapis legit ketan, bisa menjadi pilihan untuk Anda kali ini.

resep-lapis-legit-ketan
(Gambar: Shuttersock.com/Iin Sidharta)

Yang menarik, sajian kue enak ini sangat sering dijumpai di pasar-pasar tradisional yang merupakan salah satu kue basah favorit. Dengan menggunakan tepung ketan akan menghasilkan perpaduan rasa yang nikmat dan gurih.

Resep Mudah Membuat Lapis Legit Ketan

Penasaran dengan sajian nikmat lapis legit ketan? Di bawah ini akan disampaikan langkah mudah membuatnya, berikut bahan yang dibutuhkan.

Baca juga: Resep Lapis Prunes.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat lapis legit ketan, antara lain:

  • Roomboter 600 gram, dikocok sampai berwarna putih.
  • Kuning telur sebanyak 30 butir.
  • Tepung ketan 120 gram.
  • Gula halus 270 gram.
  • Susu kental 2 sendok makan.
  • Bumbu lapis legit ½ sendok.

Cara membuat lapis legit ketan, sebagai berikut:

  1. Kocok kuning telur dan gula halus hingga berwarna putih dan mengembang, kemudian masukkan roomboter yang telah dikocok, kocok lagi hingga tercampur secara merata.
  2. Setelah itu masukkan tepung ketan dan bumbu lapis, kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur, terakhir masukkan susu kental, kocok lagi hingga merata.
  3. Olesi loyang bulat dengan ukuran 22 cm dengan mentega, kemudian alasi bagian bawahnya dengan kertas roti dan olesi dengan mentega.
  4. Tuang adonan sebanyak 1 cangkir, gunakan api bawah untuk memanggang adonan pertama. Setelah agak kuning bawahnya, gunakan api atas, panggang hingga kuning pada bagian atasnya.
  5. Setelah kuning, tuang lagi 1 cangkir adonan, gunakan api atas, panggang hingga berwarna kuning. Seterusnya panggang selapis demi selapis dengan menggunakan api atas hingga adonan habis dihidangkan.

Itu dia sedikit “resep lapis legit ketan”, semoga informasi dan langkah mudah membuat lapis legit ketan ini bermanfaat dan disukai seluruh anggota keluarga.

Belum ada Komentar untuk "Resep Lapis Legit Ketan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel