RESEP DIM SUM BAKPAO JAMUR


Kali ini tulisan kuliner agak berbeda dibanding tulisan sebelumnya, kalau sebelumnya kita pernah mengulas resep tentang makanan asli dari Indonesia, kali ini saya mencoba mengambil sebuah cara memasak, yang saya ambil dari kliping koran, kalau nggak salah dari Jawa Pos. Banyak sekali kliping tentang resep masakan dari koran dan tabloid yang saya kumpulkan, namun karena lembab atau pun penyimpanan yang kurang bagus, akhirnya terdapat sebagian yang rusak. Resep dim sum bakpao jamur, menjadi ide yang menarik, karena kebetulan juga, saya sangat menyukai bakpao.

Kalau biasanya kita mencoba resep dari berbagai makanan berbahan daging, resep kali ini memang dikhususkan bagi anda yang seorang vegetarian. Dim sum memang menjadi salah satu masakan dari Tionghoa yang paling tua. Porsi dim sum bisa dikatakan paling kecil diantara panganan dari Tionghoa lainnya, sangat cocok untuk teman minum teh.

Sebagai teman minum teh, atau bisa dikatakan sebagai camilan dan juga bisa digunakan sebagai lauk. Dim sum bisa diisi dengan berbagai bahan, antara lain sayuran, kacang, daging bahkan bisa diisi dengan jamur. Dim sum biasanya dimasak dengan cara dikukus dan disajikan dalam keadaan hangat.

RESEP DIM SUM BAKPAO JAMUR
Resep dim sum bakpao jamur (Sumber gambar: bisikan.com)

Resep Dim Sum Istimewa


Dim sum memang enak, siapa saja pasti menyukai makanan ini. Khusus bagi anda yang vegetarian, dapat menambahkan varian isian tidak saja dengan sayur, namun dapat juga dengan menggunakan tepung vegetarian dan vegetarian powder, yang akan memberikan rasa pada makanan vegetarian.

Menu vegetarian untuk dim sum kali ini adalah menu bakpao, karena resep ini dikhususkan untuk vegetarian maka, dicoba dengan isian jamur. Bahan yang digunakan dibagi dua, yaitu untuk adonan jamur dan adonan isi, antara lain sebagai berikut:

Untuk bahan adonan jamur, antara lain:
  • Mentega putih 50 gr
  • Ragi instan ½ bungkus
  • Tepung terigu 250 gr
  • Baking powder ½ sdm
  • Mentega putih 50 gr
  • Air 175 ml
  • Garam ¼ sdt
  • Gula pasir 4 sdm


Untuk Bahan Isi, bahan yang dibutuhkan antara lain:
  • Vegetarian powder 5 gram
  • Jamur simichi 200 gram
  • Jamur enoki 200 gram
  • Garam  3 gram
  • Gula 8 gram
  • Tepung kentang 20 gram
  • Buncis 50 gram

Resep Membuat Dim Sum Bakpao Jamur

Untuk membuat dim sum, khususnya untuk vegetarian memang dibutuhkan bahan-bahan dari nabati, termasuk diantaranya vegetarian powder, yang bisa memberikan rasa yang berbeda. Untuk bakpao jamur cara membuat, sebenarnya sangat sederhana. Tidak sesulit yang kita bayangkan, antara lain sebagai berikut:

Langkah-langkah membuat adonan bakpao:
  1. Langkah pertama, anda harus menyiapkan wadah, kemudian campurlah tepung terigu dengan baking powder.
  2. Siapkan lagi wadah yang lain, kemudian campur ragi instan dengan gula pasir.
  3. Setelah itu, campur bahan pada langkah pertama dengan bahan pada langkah kedua. Jangan lupa tambahkanlah sedikit garam.
  4. Masukkan mentega putih kemudian aduklah dengan rata.
  5. Masukkan air sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi kalis. Tutuplah adonan tersebut dengan serbet, dan biarkan adonan selam 1 jam sampai mengembang.


Langkah membuat isian: campurlah semua bahan kemudian aduklah secara merata.

Langkah terakhir:
  1. Pada proses ini, bentuklah adonan bakpao menyerupai jamur.
  2. Langkah berikutnya, masukkan isian di dalam bakpao.
  3. Kemudian kukus selama 10 menit sampai dengan matang.
  4. Dan sajikanlah bakpao saat hangat.


Itu dia sedikt kumpulan resep dim sum vegetaria bakpao jamur. Semoga bisa dicoba, dan bisa mendapatkan bakpao yang enak dan lezat.

Belum ada Komentar untuk "RESEP DIM SUM BAKPAO JAMUR"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel