RESEP KUE UBI BASA DAN BOLA-BOLA UBI

Galeri kue tradisional masih menjadi sajian kuliner menarik untuk dibahas dan disajikan. Berbagai pilihan kue enak dan nikmat banyak tersedia diseluruh penjuru daerah di Indonesia. Semuanya memiliki karakteristik dan sajian yang berbeda-beda, namun tetap satu tujuan, yaitu sajian kue enak dan nikmat. Pada pembahasan kali ini, yang kita bahas adalah kue dan resep kue ubi basa dan bola-bola ubi. Seperti kita ketahui bersama bahwa ubi merupakan bahan makanan yang sangat mudah ditemui dan banyak ditemukan di Indonesia, dengan  mudahnya mendapatkan bahan kue ini, maka tidak salah kalau banyak sajian kue yang berasal dari bahan ubi ini.

Selain mudah ditemukan, ubi juga memiliki manfaat untuk melawan berbagai penyakit, yang dibutuhkan untuk menjaga imun tubuh kita. Langsung saja, ini dia bahan dan cara membuat kue ubi basa dan bola ubi.

RESEP KUE UBI BASA DAN BOLA-BOLA UBI
Kue Bola Ubi (Sumber Gambar: resepmakanankesukaan)

Resep Kue Basah Ubi Basa dan Bola Ubi

Bahan yang dibutuhkan, antara lain:
  • 400 gram tepung kanji.
  • 300 gram ubi dikukus kemudian dilumatkan.
  • 150 gram daging giling
  • 5 buah bawang merah, dirajang halus.
  • Garam dan merica secukupnya.
  • ½ sendok makan biji pala bubuk
  • 1 sendok makan kecap manis.
Baca Juga:
Cara membuat:
  1. TUmis bawang merah dan daun bawang sampai tercium bau harum, kemudian masukkan daging giling, dan aduk hingga daging berubah warna.
  2. Masukkan biji pala, kecap, garam, dan juga merica. Aduk kembali hingga daging matang, angkat dan sisihkan.
  3. Campur menjadi satu ubi yang telah dikukus dengan tepung kanji. Bila anda menginginkan kue yang empuk, anda bisa mengurangi tepung kanji 100 gram.
  4. Apabila anda ingin membuat kue tanpa isi, bulatkan adonan dan goreng, kue ini bisa disebut dengan bola ubi, namun kalau diisi dengan daging seperti cara diatas, disebut dengan ubi basa..
  5. Pipihkan adonan ubi, kemudian isi dengan daging, bentuk secara memanjang kemudian runcingkan kedua ujungnya , dan goreng sampai matang.

Itu dia resep sederhana kue ubi basa dan bola-bola ubi. Semoga bisa dengan mudah dipraktekkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel