RESEP KUE LAPIS TERIGU

Kue tradisional masih menjadi favorit bagi para pecinta kuliner, khusunya para pecinta kue. Indonesia sendiri dikenal sebagai surganya para pecinta kuliner. Namun sayang, kue tradisional ini, sering hanya bisa kita temui di pasar tradisional atau gerai khusus yang ada di pagi hari, biasanya ada di pinggir jalan, sekaligus juga menjual nasi bungkus. Diantara sajian khas kue tradisional, kue lapis sepertinya juga menarik perhatian saya untuk mencoba menikmati sedikit sajian kue ini. Biasanya sajian kue lapis yang sering saya nikmati adalah sajian kue lapis dari tepung terigu, namun dari berbagai resep kue lapis terigu, ternyata banyak sekali sajian kue lapis yang bisa kita coba bahkan bisa kita buat, bisa kue lapis beras, lapis pepe bahkan lapis ketan.

Seringnya menikmati perjalanan ke luar daerah menjadikan saya bisa mencoba berbagai jenis kue lapis ini, dan ternyata setiap daerah memiliki ciri khas dalam pembuatan kue lapis. Bahkan di Jawa Tengah atau Yogyakarta kue lapis sagu dibuat dari bahan tepung kanji, dan masyarakat Betawi juga menyebutnya dengan sebutan kue pepe. Kue lapis ini dicirikan dengan ciri khasnya berupa kue dari terigu yang dibuat dengan berlapis dan pada tiap lapis diberi warna yang agak berbeda atau lebih kontras yang menarik perhatian kita untuk mengambil dan mencoba sajian kue ini.


Resep Kue Lapis Terigu 

Tidak afdol rasanya bila anda sebagai pecinta kuliner kue belum mencoba membuat sendiri kue lapis ini. Berikut bahan yang dibutuhkan dan cara membuat kue lapis terigu ini.

Resep Kue Lapis Terigu
Kue Lapis Terigu (Sumber Gambar: youtube.com)
Bahan yang dibutuhkan, antara lain:
  • 400 gram terigu protein sedang.
  • 200 gram tepung sagu.
  • 300 gram gula pasir.
  • ¾ sendok teh garam.
  • 1500 ml santan yang dibuat dari 1 butir kelapa.
  • 2 butir telur dan kocok sampai merata.
  • ½ sendok makan coklat pasta.
Baca Juga: Resep Kue Jongkong.

Cara Membuat Kue Lapis Terigu:
  1. Campur bahan, antara lain terigu, sagu, dan juga gula pasir dan garam. Buatlah lubang pada bagian tengahnya.
  2. Tuang santan, sedikit demi sedikit, sambil diaduk sampai gula didalamnya larut. Kemudian tambahkan telur dan aduklah secara merata.
  3. Ambil adonan sebanyak 1/3 bagian, tambahkan coklat pasta, aduk secara merata. Dan sisanya dibiarkan putih.
  4. Oles loyang dengan ukuran 18x18x7 dengan minyak goreng dan alasi loyang dengan plastik.
  5. Masukkan loyang ke dalam kukusan yang telah dipanaskan, kemudian tuanglah 2 sendok sayur adonan putih ke dalam loyang. Kemudian kukus selama 10 menit dengan api sedang selama lebih kurang 5 menit.
  6. Tambahkan satu sendok sayur adonan coklat. Kemudian kukus selama 5 menit. Ulangi sampai adonan habis, kemudian setelah lapisan terakhir, kukus selama 30 menit sampai matang. Setelah dingin, tinggal dipotong sesuai selera. 
Itu dia sedikit resep kue lapis terigu, semoga bisa membantu anda untuk membuat sajian kue lapis terigu yang menarik dan enak. Terima kasih dan salam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel