RESEP MASAKAN SEHARI-HARI IBU RUMAH TANGGA: SAMBAL TEMPE KENCUR

Liburan memang menjadi suasana yang mengasyikkan, khususnya bagi anda yang ingin menikmati waktu dan ingin mencoba hal baru, dan masa liburan menjadi waktu yang pas untuk menyalurkan hobi, khususnya memasak. Kali ini, saya mencoba berbagi tentang salah satu jenis menu dan masakan yang selalu diminati dan dicari saat menyantap masakan lezat, khususnya lalapan, yaitu sambal. Banyak sekali jenis sambal yang ada di Indonesia, apalagi masrakat Indonesia terkenal dengan karakter yang senang akan masakan pedas. Berkaitan dengan hal tersebut, salah jenis resep masakan sehari-hari ibu rumah tangga yaitu sambal tempe kencur, menarik perhatian saya untuk berbagi jenis resep sambal ini.

Pada umumnya sambal menjadi salah satu menu yang sangat disukai, hal ini disebabkan sambal memberikan sensasi rasa pedas dan membuat lidah bergetar. Pembuatan sambal pun sebenarnya sangat mudah, tergantung dari sambal apa yang ingin anda nikmati. Begitu juga dengan sambal tempe kencur ini, bahan utamanya adalah tempe, dan tempe penyet menjadi salah satu menu yang sangat mudah dan murah.

Melihat dari judulnya saja, kuliner sederhana ini menjadi sajian enak, gurih dan pedas yang selalu menjadi favorit, saat ingin menikmati nasi dan sambal. Dan sajian sambal tempe kencur ini tidaklah susah untuk dibuat.

Sambal tempe kencur (Sumber Gambar: kulinersedap) 

Resep masakan sehari-hari simple: sambal tempe kencur

Bahan yang dibutuhkan, adalah:
  • 250 gram tempe yang sudah dibakar atau digoreng.
  • 5 batang kacang panjang, dan potong dengan panjang ½ cm.
  • 2 buah cabai merah besar.
  • 10 buah cabai rawit merah.
  • 3 cm kencur.
  • ½ sendok teh garam.
  • 2 siung bawang putih.
  • Minyak goreng untuk menggoreng bahan-bahan tersebut.
Baca Juga: Resep Masakan Sambal Terasi.

Resep masakan sehari-hari sederhana dan mudah sambal tempe kencur.

Langkah membuat sambal tempe kencur ini sangat mudah, antara lain:
  1. Panaskan minyak goreng, kemudian goreng tempe sampai tempe kering dan tempe berwarna kecoklatan. Kemudian angkat dan sisihkan.
  2. Langkah kedua, goreng cabai merah, cabai rawit, kencur, bawang putih sampai layu. Kemudian ulek atau tumbuk bumbu yang digoreng dengan bentuk kasar, tambahkan tempe dan ulek lagi dengan kasar.
  3. Masukkan potongan kacang panjang, aduk secara merata dan sajikan.
Itu dia sedikit langkah sederhana membuat sambal tempe kencur.Semoga resep tersebut bermanfaat. Selamat mencoba dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel