RESEP KUE LAPIS PANDAN

Wisata kuliner masih menjadi sebuah aktivitas yang menarik dan menyenangkan, apalagi kuliner yang dituju bukanlah kuliner berat, melainkan kuliner berupa kudapan dengan rasanya yang manis dan gurih. Dan Indonesia menjadi tempat dan surga yang luar biasa untuk sajian kue ini. Dengan banyaknya jenis dan ragam budaya di Indonesia menjadikan kekayaan kuliner, dan hal ini sangat menyenangkan hasrat para pecinta kuliner Indonesia. Salah satu jenius kue yang menarik untuk dinikmati adalah sajian kue lapis pandan. Bahkan tidak hanya kenikmatan kulinernya, namun juga resep kue lapis pandan juga disampaikan di bawah ini.

Jajanan kue lapis merupakan kue khas dari Indonesia yang dibuat dari bahan tepung dan berbagai bahan lainnya, antara lain santan, garam, tepung beras, pewarna pandan, dan juga tepung kanji. Meskipun caranya mudah, namun untuk membuat kue lapis ini anda harus sabar dan telaten.

Resep Kue Lapis Pandan 

Ini dia bahan yang dibutuhkan dan cara membuat kue lapis pandan ini.

Kue lapis pandan (Sumber gambar: mommyasia) 
Bahan yang dibutuhkan, antara lain:
  • 700 ml santan kental.
  • 170 gram tepung beras.
  • 170 gram gula pasir
  • ½ sendok teh garam.
  • 20 garam tepung kanji.
  • 1 lembar daun pandan.
  • 1 ½ sendok makan pandan pasta.
Baca Juga: Resep Kue Lapis Terigu.

Cara Membuat Kue Lapis Pandan:
  1. Masaklah santan bersama dengan daun pandan, sambil aduk secara merata sampai mendidih.
  2. Masukkan gula dan garam, aduk juga supaya larut kemudian diamkan sampai hangat.
  3. Campurkan kedua tepung ( tepung beras dan tepung kanji). Tuangkan larutan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk. Tuang santan sampai santan tersebut habis.
  4. Bagilah adonan tersebut menjadi dua. Adonan satunya ditambahkan pandan pasta, kemudian pada adonan yang lain dibiarkan tetap putih.
  5. Siapkan kukusan dan loyang dengan ukuran 18x18 cm. Kemudain oleskan loyang dengan sedikit minyak goreng, kemudian panaskan sampai kukusan tersebut cukup beruap.
  6. Sebagai lapisan awal untuk kue lapis, tuanglah 2 sampai dengan 3 sendok sayur (atau lebih kurang 80 ml) adonan berwarna hijau. Dan kukus selama 10 menit.
  7. Tuangkan lagi adonan putih dengan volume lebih kurang sama, dan kukus selama 5 menit.
  8. Tuangkan lagi adonan berwarna hijau, kukus selama 5 menit, lakukan seperti itu, seterusnya berselang seling antara adonan warna hijau dan adonan warna putih sampai adonan tersebut habis.
  9. Sebagai langkah terakhir, kukus selama 30 menit, angkat kemudian dinginkan.
Itu dia sedikit resep kue lapis pandan, semoga bisa membantu anda untuk membuat sajian kue lapis pandan yang menarik dan enak. Terima kasih dan salam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel