RESEP MASAKAN : SAMBAL TERASI

Halo kuliner sekalian... Sudah lama sekali tidak up date tulisan di blog kuliner dan resep ini. Oke..langsung saja, pada edisi kali ini, saya akan membahas sebuah makanan yang selalu menjadi makanan pelengkap ketika anda menikmati makanan ayam goreng atau pun sea food. Namun meskipun hanya plengkap, makanan ini sangat penting lho, bahkan menikmati sajian makanan bisa hambar tanpa adanya makanan ini. Sambal, ya sambal, makanan ini menjadi favorit bagi para pecinta kuliner pedas. Namun dibalik kenikmatan samaal, dibawah ini akan ditampilkan juga salah satu resep masakan, yaitu sambal terasi.

Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki berbagai macam ragam budaya, dengan berbagai macam budaya yang ada, menjadikan kekayaan ragam kuliner yang dimiliki. Begitu pula dengan jenis sambalnya, ragam sambal yang ada menjadi banyak dan berbeda-beda, banyak sekali jenis sambal yang bisa dinikmati, misalnya sambalado, sambal matah, sambal terasi, sambal bawang bahkan sambal dabu-dabu, yang menjadi ciri khas sambal di Indonesia.

Salah satu fokus kita kali ini adalah sambal terasi, yang merupakan sambal yang memiliki kelezatan yang khas. Bahan  utama sambal terasi adalah terasi. Terasi adalah sebuah produk makanan yang berasal dari ikan atau rebon yang telah diproses melalui pengolahan dari proses pemeraman atau proses fermentasi, yang digiling dan dijemur selama 20 hari.  Terasi memliki ciri khas dengan baunya yang tajam.

Resep Masakan Indonesia

Sebagai salah satu bahan baku dalam membuat makanan lezat, salah satunya sambal terasi. Terasi sendiri dibagi menjadi dua macam, berdasarkan bahan baku, yaitu terasi yang berasal dari udang dan terasi dari bahan baku ikan. Perbedaannya bisa dilihat dari warna terasi, terasi udang cederung berwarna kecoklatan, sedangkan terasi ikan berwarna agak kehitaman.

RESEP MASAKAN : SAMBAL TERASI
Sambal Terasi (Sumber Gambar: indonesia-tourism)
Dari sekian banyak jenis makanan, maka sambal terasi menjadi salah satu makanan dengan bahan baku utama terasi. Ditambah lagi terasi memiliki kandungan gizi yang lengkap, dan juga mengandung yodium dalam jumlah yang tinggi.

Resep Masakan Sederhana Sambal Terasi

Berdasarkan polling yang dilakukan CNNIndonesia.com melalui media sosial yang dilakukan atas 450 responden, maka sambal terasi menjadi sambal favorit yang dipilih para responden. Menurut responden, terasi dipilih karena sambal terasi adalah sambal yang unik, dengan sensasi terasi yang khas dan juga rasanya yang gurih, karena penggunaan udang sebagai bahan baku. Dibawah ini juga disampaikan cara membuat sambal terasi dengan mudah.

Bahan yang digunakan:

  • 150 gram cabai rawit merah.
  • 50 gram bawang merah.
  • 50 gram bawang putih.
  • 1 buah tomat merah, dipotong kasar.
  • 1 sendok teh garam.
  • 1 sendok teh gula pasir.
  • 1/2 sendok teh kaldu bubuk rasa ayam. 
  • 25 gram terasi matang.
  • Minyak goreng secukupnya.

Baca Juga: Resep Sambal Bawang.

Langkah membuat sambal terasi:

  1. Panaskan terlebih dahulu minyak goreng, kemudian goreng acbai rawit merah, bawang merah, bawang putih dan tomat. Masaklah bahan tersebut sampai cabai menjadi layu.
  2. Haluskan bumbu yang telah digoreng, tambahkanlah garam, gula pasir dan terasi, kemudaan aduklah secara merata.
  3. Panaskan sedikit minyak goreng, goreng sambal sebentar, kemudian angkat dan sajikan.

Itu dia sedikit tentang terasi dan sambal terasi. Semoga langkah membuat sambal terasi ini berguna bagi anda. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "RESEP MASAKAN : SAMBAL TERASI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel