RESEP KUE ENAK: KUE DONAT

Kue yang satu ini sangat populer di Amerika Serikat. Kalau anda sering melihat atau menonton film dengan tema atau bertempat di Amerika Serikat, pasti dalam beberapa adegan terdapat polisi yang memborong kopi termasuk juga dengan donat sebagai kue favorit. Begitu juga kita di Indonesia sangat menyukai kue donat sebagai kue favorit. Bahkan dibeberapa mall sudah tersedia gerai yang khusus menyediakan kue donat yang enak ini, ditambah rotinya yang lembut. Dengan bentuknya yang bulat dan terdapat lubang di tengahnya menjadikan kue donat ini kue yang memiliki ciri khas tersendiri. Ngomong-ngomong tentang lezatnya kue donat, di bawah ini akan disampaikan juga tentang resep kue enak, kue donat.

Saat ini selain bentuknya yang bulat dan juga adanya lubang ditengah, donat juga mengalami perkembangan yang luar biasa dengan adanya variasi dan modifikasi, misalnya donat dengan isi, yang bisa meleleh dan mencair. Namun dibalik itu semua, sebenarnya donat pertama kali bukanlah dari Amerika Serikat, tetapi dari Belanda pada sekitar pertengahan abad ke-19. Dan disebut dengan olykoeks atau oil cake, yang berarti kue minyak. Dan pada perkembangan selanjutnya olykoeks dilakukan oleh imigran Belanda yang tinggal di Amerika Serikat dan menjadikan kudapan ini dan menjadi kue lezat yang semakin berkembang.

Dan pada akhirnya dari dengan mengambil informasi dari The Spruce, olykoeks mengalami perubahan, setelah Kapten Kapal di Amerika Serikat melubangi bagian tengah, agar mengetahui tingkat kematangan kue donat. Dan kini nama olykoeks berganti dengan nama doughnut.

Resep Kue Donat  

Seperti kita ketahui donat yang populer adalah dengan bentuk donat dengan lubang di tengah. Dengan rasanya yang lezat dan empuk, menjadikan kita tertarik untuk menikmati kue donat. Untuk membuat kue donat, terdapat rahasia dan bisa dikatakan tips untuk membuat kue donat, yaitu gunakanlah tepung khusus yaitu tepung komachi atau tepung Jepang, kalau anda merasa kesulitan mendapatkan tepung komachi, tepung ini bisa diganti dengan tepung terigu dengan kualitas bagus. Jangan menggunakan tepung terigu dengan kualiotas rendah, karena bisa membuat donat menjadi bantet dan keras.

RESEP KUE ENAK: KUE DONAT
Kue Donat
Baca Juga: Resep Kue Bolu Kukus.

Berikut resep untuk membuat kue donat, antara lain:
Bahan yang pertama:
  • Tepung komachi atau bisa diganti dengan tepung terigu yang mengandung protein tinggi 220 gram.
  • Ragi instan 7 gram.
  • Garam secukupnya.
  • Air bersih 150 ml.
Bahan yang kedua:
  • Tepung komachi atau tepung terigu dengan protein tinggi sebanyak 150 gram.
  • Susu bubuk full cream 15 gram.
  • Telur 1 butir, kocok sampai berbusa.
  • Mentega warna putih sebanyak 30 gram
  • Gula pasir 30 gram.
Cara membuat kue donat empuk:
  1. Saring tepung pada bahan pertama dan bahan kedua sampai benar-benar halus dan bersih dari kotoran.
  2. Masukkan bahan yang pertama yaitu tepung terigu berpotein tinggi atau tepung komachi, ragi dan juga garam kedalam mangkok, kemudian aduk sampai merata.
  3. Masukkan air ke dalam adonan pada bahan pertama, aduk sampai merata.
  4. Tutup mangkuk dengan kain, kemudian diamkan selama 90 menit agar adonan bisa mengembang secara sempurna.
  5. Selanjutnya masukkan bahan yang kedua yaitu tepung komachi, susu, telur, mentega putih dan gula pasir kedalam mangok adonan yang pertama. Aduk sampai merata dengan menggunakan tangan sampai tampak elastis.
  6. Tutuplah mangkok dengan kain kemudian diamkan selama 15 menit agar bisa mengembang secara sempurna.
  7. Lanjutkan dengan membentuk adonan dengan bentuk donat. Jika ingin hasil yang sempurna anda bisa menggunakan cetakan donat.
  8. Ulangi sampai semua adonan selesai dan diamkan selama lebih kurang 10 menit.
  9. Langkah selanjutnya, panaskan minyak goreng, dan masukkan adonan ke dalam minyak. (Gunakan sumpit untuk memutar donat agar lubang ditengah bisa terbentuk sempurna).
Itu dia sedikit resep donat, hasil koleksi kami, semoga bisa menginspirasi dan mudah untuk dipraktekkan. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel