Tahu Campur Tauco

Kuliner masih menjadi salah satu aktivitas yang sangat mengasyikkan. Banya sekali jenis kuliner yang ada di sekitar kita yang membuat kita atau saya khususnya menjadi tertarik tentang jenis kuliner tersebut. Salah satunya adalah “tahu campur tauco”. Saya sendiri sebenarnya adalah seorang pecinta kuliner yang lebih senang menikmati kuliner yang sedang trend, apalagi di berbagai media sosial, seperti instagram banyak disajikan berbagai pengalaman menarik tentang informasi kuliner terkini. Namun kali ini, sebuah tempat kuliner sederhana yang kebetulan sangat sering  dilewati selalu sering terlewatkan begitu saja.

Kuliner tahu campur tauco ini menjadi satu dengan warung gado-gado yang berada di Jalan Panjaitan Kota Probolinggo, yang tertulis “Menjual Gado-gado Panjaitan - Tahu Campur Tauco”. Dan hal inilah yag membuat rasa penasaran, seperti apa sih tahu campur tauco? Apakah sama dengam bumbu tauco ini dengan tauco yag sering dinikmati dengan tauco yang ada pada kue lumpia?.

Tauco

Bagi seorang pecinta kuliner, tentunya kata tauco pasti tidak asing, karena sangat sering kita dengar dan dinikmati saat menikmati kue lumpia, sebuah bumbu berwarna coklat, dengan rasa manis dan asam, sangat pas dinikmati dengan lumpia isi sayur. Namun apa sih sebenarnya tauco itu?.

Tauco adalah sebuah bumbu masakan yang memiliki cita rasa yang khas dengan aromanya yang kuat, memiliki rasa yang gurih. Pada proses pembuatannya hampir sama seperti membuat kecap namun tidak ditambahkan gula dalam proses membuatnya. Tauco sendiri dibuat dengan bahan dari biji kedelai, baik biji kedalai putih atau pun kuning yang telah direbus dan dihaluskan. Kemudian dicampur dengan tepung terigu yang nantinya akan dilakukan fermentasi sampai tumbuh jamur. Fermentasi pada kedelai ini yang nantinya dicampur dengan air garam, yang direndam, kemudian dilakukan penjemuran di bawah sinar matahari sampai muncul aroma yang kuat.

Baca juga: Lumpia dan resep lezatnya.

Berbicara tentang manfaat dan fungsi, yang pasti, tauco yang dibuat dari pasta kedelai ini lebih berfungsi sebagai bumbu penyedap masakan alami. Dan jenis masakan yang menggunakan bumbu tauco adalah masakan khas Sunda dan Jawa. Meskipun jenis bumbu tauco ini memiliki rasa yang khas, namun tidak semua masakan bisa menggunakan bumbu dari bahan tauco, hanya makanan tertentu saja yang menggunakan tauco.

Tahu Campur Tauco

Berbicara tentang kuliner, apa yang bisa dibayangkan dengan tahu campur? Pasti dibenak anda semua membayangkan tahu campur khas Lamongan, dengan sajian kikil dan tulang muda yang nikmat dengan bumbu hitam petis yang lezat? Bayangan anda sepertinya kurang tepat, tahu campur yang saya maksudkan disini adalah “Tahu Campur Tauco”, yang hanya sekedar sajian tahu goreng, lontong, ditambah dengan kecambah atau taoge, kemudian ditaburi bawang goreng, baru kemudian ditaburi bumbu tauco dan tambahan krupuk.

Tahu Campur Tauco
Tahu Campur Tauco
Untuk mendapatkan sajian khas tahu campur tauco, apabila anda ingin mudah dan tidak ribet, anda bisa membeli sajian “tahu campur tauco” ini  di Jalan Panjaitan, Kota Probolinggo atau didepan salah satu angkringan di Kota Probolinggo (Angkringan Cak Kasan). Sangat mudah untuk menuju ke tempat ini, atau anda bisa mendapatnya dengan memesannya melalui ojol baik Go-Food atau pun Grab Food.

Resep Tahu Campur Tauco

Untuk bahasan pada sub tema ini, lebih difokuskan untuk anda yang ingin mencoba membuat sendiri tahu campur tauco, ada pun bahan yang dibutuhkan (diperkirakan untuk 35 porsi), antara lain:
  • 100 gram bawang putih yang ditelah dikupas dan sudah dicuci.
  • 1 kg kacang tanah,
  • 500 gram tauco yang sudah dihaluskan dan juga sudah dilembutkan atau diulek.
  • 150 gram bawang merah yang sudah dikupas dan dicuci.
  • 200 gram gula pasir,
  • 200 gram gram gula merah,
  • 100 gram petis udang,
  • 1 ikat bawang daun yang sudah diiris kasar dan juga dicuci.
  • Air secukupnya
  • Lontong (untuk lebih mudah anda tinggal membeli yang sudah jadi).
  • Tauge
  • Tahu goreng .
  • Kerupuk udang
  • Kecap manis
  • Bawang merah yang sudah digoreng.

Langkah membuat tahu campur tauco:
  • Pada tahap awal, yang dibuat terlebih dahulu adalah membuat bumbu, yaitu bawang merah, bawang putih, dan kacang digoreng secara terpisah sampai matang, kemudian campur ketiga bahan yang sudah digoreng tersebut dan haluskan.
  • Tumislah daun bawang sampai muncul aroma harum, kemudian masukkan tauco dan air secukupnmya. Masukkan campuran kacang yang sudah dihaluskan, petis udang, gula pasir dan gula merah, tambah air secukupnya, rebuslah bumbu sampai keluar minyak, dan aduk secara merata.
  • Siapkan potongan lontong, tahu goreng, dan tauge (untuk tauge ini adalah bumbu tauge yang telah disiram dengan air panas).
  • Taruhlah potongan lontong, tahu, tauge yang sudah direbus, taburilah dengan bawang goreng, dan tahu campur tauco siap untuk dinimmati.

Foto Menyajikan Tahu Campur Tauco:
  • Tahu campur tauco saat belum diberikan bumbu tauco.
Tahu campur tauco saat belum diberikan bumbu tauco

  • Tahu campur tauco proses penyajian.
Tahu campur tauco proses penyajian

  • Tahu campur tauco siap untuk dinikmati.

Tahu campur tauco siap untuk dinikmati


Membicarakan kuliner mulai dari membeli sampai membuat sendiri kuliner adalah hal menarik, salah satunya seperti tahu campur tauco diatas. Semoga informasi tersebut menginspirasi anda untuk menyebarkan informasi kuliner dan pengalaman membuat sendiri kuliner yang telah anda coba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel