Resep Kue Nagasari

Ide membuat sajian kudapan atau kue tradisional menjadi hal yang berbeda, selain karena saat ini kue yang ada sudah dibanjiri dengan kue buatan pabrik, tentunya kudapan tradisonal menjadi jarang yang mengetahuinya. Indonesia sebagai negara yang kaya akan ragam budaya, termasuk kuliner, tentunya memiliki sajian kudapan atau kue tradisonal yang sehat. Nagasari menjadi salah satu pilihan kue yang akan dibahas kali ini. Tentunya selain rasanya yag manis, menjadi menarik kalau anda yang suah memiliki resep kue nagasari ini, bisa mencoba membuat sendiri sajian kue ini.

Kue nagasari adalah kue yang dibuat dari berbagai bahan, seperti tepung sagu, tepung beras, santan, dan juga gula yang kemudian diisi dengan pisang. Pisang yang digunakan sebagai isian kue nagasari biasanya adalah pisang raja. Setelah dicampur dengan adonan, baru kemudian dibalut dengan daun pisang.

kue nagasari;
Kue nagasari (Sumber gambar: agrowindo.com)

Resep Kue Basah Nagasari

Sebagai sajian kue tradisional.  Kue nagasari adalah jenis kue basah yang sangat popular dan sering disajikan pada acara-acara tertentu di masyarakat Jawa.

Baca juga: Resep Kue Risol Isi Bihun.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue nagasari ini, antara lain:

  • Tepung kanji 100 gram.
  • Tepung beras 500 gram.
  • Gula pasir 1 sendok.
  • Kelapa untuk santan sebanyak 1 butir.
  • Pisang raja yang sudah tua.
  • Daun pisang untuk membungkus.

Langkah membuat sajian kue nagasari, antara lain:

  1. Potonglah pisang raja (1 pisang bisa dipotong menjadi 4 bagian).
  2. Campurlah kedua tepung (tepung kanji dan tepung beras) dengan santan yang sudah dihangatkan, kemudain campur sampai rata kemudian masukkan gula dan garam.
  3. Daun pisang tersebut kemudian digulung, dan letakkan adonan ke dalam daun pisang tadi dan pada setiap gulung diberikan 1 potong pisang.
  4. Lipatlah daun pisang tersebut dan jangan sampai pecah. Kukus sampai matang,.
  5. Angkat dan sajikan bila kue nagasari apabila sudah dingin.

Itu dia sedikit resep kue nagasari, semoga bisa dicoba dan dipraktekkan di rumah. Dengan mempraktekkan sajian kue tradisonal favorit, semoga bisa meambah perbendaharaan kita tentang kazanah ragam kuliner tradisional Indonesia.


Belum ada Komentar untuk "Resep Kue Nagasari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel