RESEP KUE BOLA UBI DISIRAM GULA MERAH

Jujur sejak kenal dengan sajian kue tradisional, saya jadi sangat tertarik dengan sajian kue ini, mulai dari yang disebut dengan jajan pasar sampai dengan kue tradisional yang dijual di depan sekolah, menjadi ketertarikan saya untuk mencoba. Ditambah lagi dengan banyaknya kumpulan resep yang dimiliki ibu, yang kebetulan ditulis tangan, membuat saya ingin mengumpulkan resep tersebut sedikit demi sedikit. Begitu juga saat ini, sajian berbahan ubi ini membuat saya tidak bisa berhenti untuk mengunyah, baik itu hanya digoreng atau direbus. Apalagi kalau ubi tersebut diolah menjadi sajian camilan yag nikmat. Dan meskipun hanya sekedar menikmati, terkadang kita ingin juga membuat salah satu olahan ubi, misalnya dengan resep kue bola ubi yang disiram dengan gula merah. Camilan ini menjadi pilihan camilan yang ingin dibuat dengan resep sederhana kali ini.

Bola ubi yang biasa kita sebut ini sebenarnya adalah kue tradisional, yang dalam bahasa Jawa disebut dengan "jemblem". Sebenarnya kalau ingin mudah dan anda tidak perlu repot membuatnya, anda bisa saja pergi ke pasar untuk membelinya langsung untuk mendapatkannya. Terdapat dua macam jenis jemblem, ada yang diisi dengan gula merah dan ada yang tidak disii gula merah namun disiram dengan gula merah.

RESEP KUE BOLA UBI DISIRAM GULA MERAH
Kue bola ubi siram gula merah (Sumber gambar: fimela.com)

Resep Kue Basah Bola Ubi

Langsung saja, ini dia resep untuk membuat kue bola ubi yang disiram dengan gula merah.
Bahan yang dibutuhkan, antara lain:
  • 500 gram ubi jalar yang telah dikukus kemudian dihaluskan.
  • 3 butir putih telur.
  • 500 gram gula merah.
  • 3 kuning telur
  • Air secukupnya
Baca Juga:
Cara membuat:
  1. Campurlah jadi satu ubi dan putih telur kemudian bentuk menjadi bulat.
  2. Kocok kuning telur sampai tercampur. Kemudian gulingkan tiap bulatan ubi dalam kocokan tersebut, kemudian goreng satu persatu.
  3. Didihkan gula merah, sedikit air dan vanili, hingga larut dan kental.
  4. Bola ubi siap dihidangkan bersama saus gula merah.

Itu dia langkah membuat kue bola ubi siram gula merah. Semoga bisa membantu anda untuk membuat kue bola ubi nikmat. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "RESEP KUE BOLA UBI DISIRAM GULA MERAH"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel